Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resmi Pencabutan Lisensi Android Pada Produk Huawei

Huawei adalah produk yang dibuat dari Negara China, nampaknya baru-baru ini telah mendapatkan masalah dengan Google. Dimana kita ketahui pada musim ini semarak terjadinya perang dagang antara Amerika Serikat dan China yang berujung dengan pencabutan lisensi Android pada produk China khususnya Huawei. Apalagi setelah terdengar kabar ketika Huawei sudah masuk ke daftar hitam oleh pemerintah amerika Serikat, maka resmi Huawei akan kehilangan Lisensi untuk Android Google.


Hal tersebut akan dilakukan oleh Google dengan langkah extream mereka dengan menanguhkan bisnis dan kerja sama dengan perusahaan vendor China yaitu Huawei baik itu dari segi perangkat lunak Software hingga perangkat keras Hardware. Dengan adanya kejadian seperti ini pasti akan membuat atau berdampak kerugian pada vendor China yaitu Huawei.
Langkah yang diambil oleh Google tersebut adalah tidak lanjutan dari pemerntah Amerika Serikat yang secara resmi telah melarang semua produk dari Huawei dalam bentuk apapun untuk di pasarkan pada Negara Amerika Serikat.

Dimana kita ketahui ketika suatu produk telah kehilangan Lisensi dari Google maka hak akses seperti Gmail, Google Play Store dan Youtube tidak akan bisa di nikamati oleh pengguna smartphone Huawei lagi. Walaupun demikian tidak semua akses yang tidak bisa digunakan oleh Huawei contohnya untuk penggunaan sistem Android, Huawei masih bisa untuk menikmatinya karena sistem Android adalah sistem operasi yang terbuka atau Open Source yang sudah berbasis komunitas.

Akses yang tidak bisa digunakan oleh Huawei sudah disebutkan di atas seperti Google Chrome, Gmail, Google Play Store dan Youtube sudah pasti tidak akan dapat digunakan oleh smartphone Huawei, karena untuk menggunakan fasilitas tersebut harus adanya perjanjian yang resmi oleh Google sendiri.

Namun tidak sampai disitu saja tidak mungkin Huawei akan diam karena tidak mendapatkan hak akses dari Google, Huawei akan tetap memberikan dukungan untuk pembaharuan keamanan dan purna penjualan smartphone mereka yang sudah tidak berlisensikan Google lagi. Kemungkinan besar karena adanya kejadian seperti ini Huawei akan membuat sistem operasi khusus untuk perusahaan mereka sendiri yang tak ketergantungan oleh produk dari Google.

Mungkin sedikit informasi tentang kemajuan teknologi yang dapat kami sampaikan, mungkin banyak kata-kata atau kalimat yang salah di dalamnya karena kami mencoba untuk merangkum dari situs-situs yang valid dengan datanya. Jika artikel ini bermanfaat anda bisa lakukan share ke media sosial yang anda punya.
Terima kasih !!